-->

Peninggalan Kerajaan Banten

DicatNews - Selama pemerintahan berlangsung kurang lebih 3 abad lamanya kerajaan Islam di Banten ini telah meninggalkan beberapa bukti kejayaannya.

Bukti-bukti peninggalan kerajaan inilah yang bisa menceritakan kalau di pulau Jawa pernah ada kerajaan Islam terbesar. Beberapa peninggalan kerajaan yang telah membuktikan kejayaan pada masa itu antara lain adalah :

1. Masjid Agung Banten
Bangunan Masjid ini merupakan bukti peninggalan dari Kerajaan Banten sebagai satu-satunya kerajaan Islam di Indonesia.

Masjid tersebut dibangun tahun 1652 hingga kini masih berdiri kokoh dan terletak di desa Banten Lama, kecamatan Kasemen. Ini merupakan satu dari 10 masjid tertua yang ada di Indonesia sampai sekarang ini.

2. Danau Tasikardi
Letaknya di sekitar Istana Kaibon dan merupakan danau buatan yang dibuat sekitar tahun 1570 – 1580 pada masa Sultan Maulana Yusuf.

Luas danau Tasikardi dulu sekitar 5 hektar dan dilapisi dengan batu bata dan ubin. Fungsi dari danau ini dulu sebagai sumber mata air keluarga kerajaan dan saluran irigasi sawah di sekitar Banten.

3. Vihara Avalokitesvara
Vihara ini sebagai salah satu bukti kalau pada jaman kerajaan Islam toleransi antar umat beragama tetap terjaga dengan baik. Tempat ibadah bagi umat Budha tersebut hingga saat ini masih terawat dan berdiri kokoh. Keunikan dari Vihara Avalokitesvara adalah pada dindingnya terdapat relief yang menceritakan legenda siluman ular putih.


4. Meriam Ki Amuk
Di dalam benteng Speelwijk terdapat beberapa jenis meriam dan salah satu meriam yang paling besar ukurannya adalah meriam Ki Amuk. Meriam ini memiliki daya tembak yang sangat jauh dengan daya ledakan luar biasa. Ini merupakan hasil rampasan raja Banten terhadap Belanda pada masa perang.

5. Istana Dan Benteng
Peninggalan sejarah Kerajaan Banten juga ada yang berupa Istana dan Benteng. Istana dan benteng tersebut ialah :

Istana Keraton Kaibon. Dulunya istana ini sebagai tempat tinggalnya Bunda Ratu Aisyah (ibunya Sultan Syaifudin).
Istana Keraton Surosowan. Istana ini merupakan tempat tinggal sekaligus sebagai pusat pemerintahan Sultan Banten.
Benteng Speelwijk. Benteng ini dibangun sebagai bentuk poros pertahanan maritim kekuasaan raja di masa lalu. Benteng Speelwijk ini dibangun pada tahun 1585 dengan ketinggian 3 meter serta memiliki mercusuar.
Begitu banyak peninggalan sejarah kerajaan Islam di Banten ini yang wajib kita lestarikan. Ini semua membuktikan kalau raja-raja Banten pada masa pemerintahannya.

Benar-benar sangat tangguh dan memperhatikan kesejahteraan rakyatnya. Selain itu juga sebagai bukti kalau raja-raja tanah Jawa dan rakyat pada masa itu sudah memerangi penjajah.

0 Response to "Peninggalan Kerajaan Banten"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel